3 Masakan Rawon Terenak

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur ini sudah masuk dalam makanan tertua di Indonesia. Selain itu, rawon juga makanan yang sangat otentik hingga saat ini. bumbu rawon ini pada dasarnya yaitu sup daging sapi, namun yang membuat khas yaitu tampilan kuahnya berwarna hitam gelap. Hal itu karena adanya buah keluak atau kluwek. Nah jika kalian ingin memcoba masakan asal Jawa Timur artikel ini akan memberikan tiga resep bumbu rawon, simak artikel ini selesai ya.

  1. Rawon Sapi

Bahan yang kalian butuhkan untuk membuat rawon sapi yaitu 500gram daging sapi, 2 batang serai, 5 lembar daun jeruk, 1 ruas lengkuas, dan air secukupnya. Untuk bumbu yang di haluskan adalah 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 7 buah kluwak, 1 sdt ketumbar, 3 butir kemiri, 1 ruas kunyit, garam secukupnya, gula secukupnya, kaldu bubuk secukupnya. Bahan tambahannya kecambah, telur asin, sambel terasi.

Cara membuat rawon sapi adalah pertama kalian tumis bumbu halus, lengkuas, serai, dan daun jeruk hingga mengeluarkan aroma harum dan matang. Setelah itu baru masukkan daging dan aduk hingga merata, tambahkan air sedikit demi sedikit. Kemudian bumbui dengan garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk-aduk, masak sampai matang dan daging menjadi empuk. Jika sudah kalian bisa mecoba rasanya jika ada yang terasa kurang bisa ditambahkan apa yang kurangnya. Setelah itu matikan kombor dan angkat. Rawon sapi pun siap untuk kalian santap.

  1. Rawon Iga Sapi

Bahan-bahan untuk membuat rawon iga sapi yang perlu kalian siapkan yaitu 1kg iga sapi, 2liter air, 2 batang sereh, 3 lembar salam, 5 lembar daun jeruk, 1 jempol laos, garam, gula, kaldu secukupnya, sambel terasi. Untuk bumbu yang dihaluskan adalah 7 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah kluwek, ½ sdt kunyit bubuk, ½ sdt lada bubuk, 3 buah kemiri.

Cara membuat rawon iga sapi, untuk membuat rawon iga sapi pertama kalian rebus iga dengan 2 liter air, dengan api kecil. Jika memiliki presto bisa menggunakannya. Tunggu hingga iga menjadi empuk, jika di rasa sudah empuk tiriskan iga dan saring kuahnya. Kemudian panaskan 3 sdm minyak, lalu tumis bumbu halus yang tadi sudah di siapkan bersama salam, laos, sereh, dan daun jeruk. Setelah itu tambahkan kaldu rebusan iga dan biarkan mendidih. Tambahkan garam, gula dan kaldu. Rebus hingga bumbu meresap dan kuah berkurang. Setelah itu icipi sedikit untuk menyesuikan dengan selera kalian. Dan rawon igo pun siap untuk di santap bareng keluarga.

  1. Rawon Ayam

Bahan yang diperlukan untuk membuat rawon ayam yaitu 500gram ayam, 2 batang seledri, 2 lembar salam, 1 sdt kecap manis, 3 lembar daun jeruk, 1 ruas jari laos, 2 liter air, 1 batang bawang daun, 1 buah serai, cengkeh, 3 sdm minyak, merica bubuk, kapulaga, 2 sdm gula, garam secukupnya. Untuk bahan bumbu halusnya yaitu 5 butir kemiri, 1ruas jari lengkuas, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 3cm kunyit, 1sdm ketumbar, 5 buah kluwak, jahe secukupnya.

Cara membuatnya yaitu pertama kalian bisa bersihkan ayam terlebih dahulu, kemudian haluskan semua bumbu yang sudah kalian siapkan tadi. Setelah itu kalian rebus air hinngga mendidih, kemudian masukkan daging ayam. Lalu tumis bumbu halus yang sudah di haluskan tadi, tumis hingga mengeluarkan aroma wangi. kemudian rebus kembali ayam dengan kaldu, dan tambahkan bumbu halus. Masukkan gula, garam, merica, dan daun jeruk. Setelah semua masuk semuanya kalian tunggu hingga matang. Dan rawon ayam pun siap untuk disajikan.

You May Also Like

About the Author: Fatih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *