9 Kuliner Unik yang Hanya Dapat Ditemukan di Indonesia

Indonesia terkenal dengan beragam budayanya. Namun, tidak hanya budaya, kuliner khas nusantaranya juga tersebar di seluruh kota dari Sabang sampai Merauke. Makanan yang kaya akan rempah-rempah ini akan memanjakan lidah siapapun yang mencobanya. Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki beberapa makanan yang unik? Berikut 9 makanan nusantara yang hanya dapat ditemukan di Indonesia :

1. Ayam Taliwang
Ayam Taliwang merupakan makanan nusantara dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Makanan ini berbahan dasar daging ayam yang dibakar dan dilumuri dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam yang akan menggugah selera makanmu.

2. Catemak Jagung
Makanan ini berbahan dasar jagung, labu lilin dan kacang hijau yang ditambahkan penyedap rasa. Catemak Jagung berasal dari Nusa Tenggara Timur.

3. Juhu Singkah
Mungkin nama makanan ini terdengar tidak familiar. Makanan ini berasal dari Kalimantan Tengah. Juhu Singkah berbahan dasar Umbut Rotan yang dipadukan dengan ikan baung, terong serta diberi bermacam-macam bumbu rempah dan santan untuk menambahkan cita rasa.

4. Ayam Cincane
Ayam Cincane merupakan makanan khas dari Samarinda. Daging ayam kampung dengan bumbu berwarna kemerahan menjadi khas dari makanan tersebut. Makanan ini banyak dijumpai pada saat pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan.

5. Sup Konro
Sop Konro adalah makanan yang berbahan dasar daging sapi atau iga sapi dengan kuah yang berwarna coklat dan terdapat sedikit rasa pedas, berasal dari Makassar. Campuran berbagai rempah, seperti keluwak, pala, ketumbar, daun salam, kayu manis, kencur, asam, cengkeh, kunyit, dan daun lemon merupakan bahan-bahan untuk membuat supnya. Rasanya siap untuk menggoyangkan lidah kamu!

6. Ikan Bakar Manokwari
Sudah sering makan ikan bakar? Ikan bakar satu ini wajib dicoba oleh pecinta ikan bakar. Makanan ini berasal dari Papua. Sambal merah khas Papua yang disiramkan di atas ikan bakar ini menjadi pembeda diantara ikan bakar lainnya.

7. Bagea
Bagea adalah kue tradisional yang berasal dari Maluku. Walau terlihat keras di luar, akan tetapi terasa lembut di dalam. Kue ini biasanya ditambahkan kacang kenari dan sangat cocok jika disantap dengan kopi atau teh.

8. Soto Banjar
Makanan ini berasal dari Kalimantan Selatan, tepatnya suku Banjar yang berisi daging ayam suwir ditambah kentang, perkedel, ketupat, telur rebus yang kayak akan rempah-rempah, seperti kayu manis, biji pala, cengkeh.

9. Binte Biluhuta
Binte Biluhuta merupakan makanan yang berasal dari Gorontalo. Makanan ini memiliki keistimewaan dalam rasa, karena penikmatnya akan merasakan rasa yang bermacam-macam, seperti : asam, manis, pahit dan pedas. Bahan dasar makanan ini adalah jagung manis, ikan dan kemangi, tetapi ada beberapa yang menambahkan bahan pelengkap seperti ceker ayam. Jika kamu sedang jalan-jalan ke daerah di atas ini contohnya kota Makassar, kamu bisa banget mencicipi Sop Konro paling legendaris di sana. Jangan lupa untuk menggunakan tur Wisata Kuliner Legendaris di Aplikasi Wakuliner untuk mencapai tujuan dengan cepat dan mencicipi makanan khas daerah tersebut.

You May Also Like

About the Author: Syella