Awas, Kendaraan Anda Terkena Water Hammer saat Melintasi Daerah Banjir

Merdeka.com – Musim hujan dengan curah hujan tinggi melanda Indonesia sejak awal 2020. Di beberapa daerah, hujan deras menyebabkan banjir dengan ketinggian beragam. Kondisi ini harus disikapi oleh masyarakat sebaik mungkin, khusus para pengguna jalan dengan lebih memperhatikan kondisi jalan agar jangan kendaraan kesayangan tidak kena masalah.

Salah satu kondisi jalan yang harus diwaspadai adalah ketika melintasi banjir adalah serangan water hammer. Serangan water hammer ini bisa merusak mesin seketika dan membuat kendaraan tidak bisa berjalan karena kondisi mesin jadi rusak parah. Hal ini terjadi karena air bisa saja masuk ke dalam mesin melalui berbagai celah, salah satunya katup hisap udara (air intake) mesin.

“Water Hammer adalah air yang masuk ke dalam mesin, khususnya ruang bakar, sehingga di ruang bakar tidak terjadi pembakaran karena terisi air. Efeknya sangat fatal karena saat pembakaran terjadi dan air masuk, ritme gerak piston jadi berantakan, saling menghantam dan bisa membuat piston pecah dan stang piston bengkok,” ujar Sugiartono, Technical Training Division Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia), di Jakarta, kemarin.

Maka itu, lanjut dia, mempertimbangkan risiko yang besar, pengemudi sangat dilarang untuk membawa kendaraanya melintasi banjir dengan kondisi apa pun karena kendaraannya didesain bukan untuk menerjang banjir. Sebaiknya pemilik mobil mencari jalur alternatif menghindari banjir, memastikan para penumpang dan kendaraan yang digunakan selamat.

Meski demikian, Sugiarto juga tidak menutup mata ada kondisi-kondisi darurat yang memang memaksa pengemudi melintasi banjir. Bila hal itu terjadi, pastikan pengemudi menggunakan kendaraan yang tepat untuk menekan risiko water hammer, seperti DFSK Glory 560.

DFSK Glory 560 adalah mobil sport utility vehicle (SUV), yang memang dirancang memiliki kemampuan dan memiliki sejumlah keunggulan sehingga membuat mobil ini lebih tahan melindungi mobil dari banjir. Desain Active SUV yang diusung sangat sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia yang banyak memiliki lubang-lubang, kontur jalan naik dan turun, hingga genangan air di saat musim hujan.

Salah satu cara untuk melintasi jalanan di Indonesia dengan menghadirkan sebuah kendaraan dengan ground clearance tinggi. DFSK Glory 560 memiliki ground clearance yang mencapai 200 milimeter dan menjadi salah satu yang tertinggi di kelasnya. Fungsi ground clearance tinggi ini akan memberikan rasa bebas khawatir kepada pengemudi dan penumpang bahwa mobil terpentok jalanan berlubang hingga bebas cemas air masuk ke dalam kabin ketika menerjang banjir dengan level hingga setengah ban.

Selain itu, di sektor kaki-kaki, DFSK Glory 560 menggunakan pelek 17 inci, dipadukan dengan ban besar 215/60 R17, yang andal melibas berbagai jalanan di Indonesia. Ukuran roda besar memberikan stabilitas, ketika melintasi jalanan tergenang dan memperkecil resiko aquaplaning di jalan. Selain itu, roda-roda besar dan kokoh ini juga memberikan kepercayaan diri kepada konsumen dalam berkendara melintasi jalan-jalan berlubang.

“Kunci utama perlindungan DFSK Glory 560 dari water hammer adalah posisi lubang hisap udara mesinnya cukup tinggi, di atas lampu utama. Posisi ini akan melindungi serta memperkecil risiko air masuk ke dalam mesin melalui lubang hisap udara. Meski demikian, selalu perhatikan dan waspada terhadap kondisi banjir sebelum melintasinya,” tegas Sugiartono.

DFSK Glory 560 kini ditawarkan dari Rp 196 juta-an (on the road DKI Jakarta). Pada awal tahun 2020, sejumlah penawaran menarik untuk setiap pembelian DFSK Glory 560. Seperti cashback menarik, bunga 0 persen, DP Rp 0, cicilan ringan mulai Rp 3 juta per bulan, dan DP rendah hanya Rp 41 juta.

Tidak ketinggalan pula konsumen memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah tambahan berupa logam mulia, smartphone, hingga vocer belanja. Selain itu, DFSK menawarkan program Trade-in bagi konsumen yang ingin membeli mobil DFSK dengan mengganti mobil terdahulunya. Bagi konsumen tersebut akan mendapat tambahan cashback spesial.

You May Also Like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *