Inilah Daftar Makanan Ampuh Untuk Turunkan Kolesterol

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah informasi tentang daftar makanan ampuh turunkan kolesterol. Informasi ini sangat penting untuk anda ketahui khususnya bagi anda yang punya kadar kolesterol tinggi.

Sebenarnya tubuh manusia juga membutuhkan kolesterol yang berfungsi untuk membatu dalam pembentukan sel-sel sehat. Namun perlu juga untuk diketahui jika kadar kolesterol yang sangat tinggi malah akan membahayakan. Karena bisa menjadi penyebab terjadinya plak yang nantinya akan menyumbat pembuluh darah.

Meskipun sering kali dianggap sepele, sebenarnya penyakit kolesterol atau kelebihan kolesterol ini sangat berbahaya karena dapat meningkatkan resiko terserangnya penyakit kronis yang menjadi penyebab kematian seperti jantung dan juga stroke.

Inilah Daftar Makanan Ampuh Untuk Turunkan Kolesterol

Untuk anda yang mungkin saat ini sedang mengalami gejala-gejala naiknya kolesterol, maka anda bisa mulai mengatur pola makan anda dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Yuk langsung saja simak daftarnya dibawah ini.

Buah Pisang

Buah pisang ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Buah yang satu ini mempunyai kandungan zat inulin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dari hasil makanan yang telah dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin, maka bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.

Sayuran Hijau

Anda juga bisa menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi aneka sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan juga arugula. Sayuran hijau tersebut mempunyai antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang terjadi dari kolesterol. Sehingga bisa mencegah kadar kolesterol dalam darah.

Kacang-Kacangan

Selain sayuran hijau dan buah pisang, anda juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan. Karena kacang-kacangan memunyai kandungan fitosterol yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

Teh Hijau

Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Teh hijau mempunyai kandungan katekin (catechin) yang dapat menngurangi penyerapan kolesterol jahat.

Susu Kedelai

Selain teh hijau, minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol lainnya adalah susu kedelai. Susu kedelai mempunyai kandungan isoflavon yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Selain susu kedelai, jenis makanan lainnya yang berasal dari olahakan kedelai juga mampu untuk menurunkan kolesterol seperti tahu dan juga tempe.

Selain bisa menurunkan kolesterol dengan daftar makanan dan minuman diatas, anda juga bisa menurukan kolesterol dengan cara mengubah gaya hidup diantaranya sebagai berikut.

Mengurangi Makanan Berlemak

Hal pertama yang cukup mudah untuk anda lakukan adalah dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak. Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh diantaranya seperti susu dengan lemak tinggi dan juga daging merah.

Berhenti Merokok

Jika anda seorang laki-laki perokok, untuk membantu mengurangi kadar kolesterol maka anda bisa berhenti merokok. Karena merokok dapat menurunkan kolesterol baik yang terdapat dalam darah dan juga dapat merusak dinding pembuluh darah.

Olahraga Secara Rutin

Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin tiap hari selama 30 menit, atau minimal 3 kali dalam seminggu untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Itulah beberapa daftar makanan yang ampuh untuk menurunkan kolesterol. Agar kolesterol anda tetap stabil, pastikan anda rajin untuk mengeceknya ya.

You May Also Like

About the Author: Nie Na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *