Kerusakan Yang Dapat Ditimbulkan Saat Menggunakan Mode Sleep Laptop

Siapa yang masih memiliki kebiasaan untuk membiarkan laptop berada di mode sleep? Ternyata kebiasaan tersebut tidak baik jika dilakukan jangka panjang. Model tersebut hanya boleh digunakan apabila sang pemilik laptop hanya meninggalkan sebentar saja. Bagi orang awam yang masih baru dengan menggunakan laptop biasanya belum paham tentang dampak buruk sekaligus cara menghidupkan laptop sleep windows 10.

Dilansir dari foldertips.com, dampak buruk pertama dari membiarkan laptop di mode sleep adalah performa laptop menjadi lemot. Selain itu, terdapat juga efek terhadap perangkat laptop yang menjadi panas jika dibiarkan dalam mode sleep lebih dari 1 jam.

Efek buruk terakhir adalah laptop rentan diserang virus dan malware. Setelah mengetahui beberapa kerusakannya akibat keseringan mode sleep, sekarang Anda perlu paham cara mengaktifkan laptop dari mode tersebut.

Cara Menghidupkan Laptop Sleep Windows 10

Sebagian besar laptop yang beredar terkini dilengkapi dengan Windows 10. Jika Anda termasuk salah satu yang memiliki laptop bersistem operasi itu, maka ada banyak paham cara mengaktifkan laptopnya dari mode sleep. Beberapa cara mengaktifkan dapat dilihat berikut.

  • Buka Layar Laptop

Cara termudah yang bisa dicoba adalah membuka layar laptop. Hal ini berlaku ketika layar laptop berada dalam kondisi tertutup dan mode sleep. Namun tidak berlaku kalau laptop berada dalam mode sleep ketika layarnya terbuka. Kalau sudah demikian maka Anda dapat ikuti langkah yang akan kami jelaskan berikutnya.

  • Gerakkan Mouse

Cara lain yang dapat ditempuh untuk mengaktifkan laptop Windows 10 dari mode sleep yakni gerakkan mouse. Mouse yang dimaksud dapat berupa yang tersedia di laptop atau perangkat tambahan yang dihubungkan melalui USB port.  Gerakkan saja mouse ke arah sembarang dan Anda akan mendapati laptop sudah dapat dioperasikan seperti sedia kala.

  • Ketikkan Sembarang Hal di Keyboard

Tak kalah penting juga Anda mencoba mengetikkan sembarang hal di keyboard. Cara ini secara instan akan dapat mengeluarkan laptop dari mode sleep. Hanya saja memang paling aman kalau Anda menekan tombol Enter atau Spasi. Kemungkinan besar metode ini juga berlaku di berbagai brand laptop.

  • Gunakan Tombol Power

Laptop bersistem operasi Windows 10 juga bisa dikeluarkan dari mode sleep dengan menekan tombol Power. Tekan tombol Power sebentar saja atau kurang lebih 1 detik. Tunggu sebentar untuk mengetahui apakah laptop merespon untuk tata cara yang satu ini. Jika belum menyala lagi laptopnya maka kembali tekan tombol Power selama 3 detik dan umumnya akan segera aktif.

Banyak bukan  cara menghidupkan laptop sleep windows 10. Dijamin cara ini berhasil dengan lancar walaupun memang harus dilakukan secara manual. Anda tidak harus susah payah dalam mengatur settingan tertentu hanya untuk mengeluarkan laptop dari mode sleep. Melakukan settingan seperti itu sangat tidak cocok untuk orang awam. Namun perlu diingat kembali juga kalau mode sleep tidak boleh dilakukan untuk jangka panjang agar laptop tidak cepat rusak. Selamat mencoba metode ini.

About the Author: Fatih