Landasan Pembelajaran Tematik

Landasan Pembelajaran Tematik – Aplikasi pembelajaran tematik merupakan keterlibatan dari kurikulum yang  sudah berjalan saat ini. Untuk mengaplikasikan pembelajaran tematik ini perlu berlandaskan dasar filosofis, psikis dan juga yuridis. 

Ada 3 saluran filsafat yang mendasari Dasar filosofis dalam aplikasi pembelajaran tematik , diantaranya :

  • progresivisme
  • konstruktivisme
  • humanisme

Saluran filsafat progresivisme ini adalah dengan melihat bagaimana aktivitas belajar harus bisa membangun kreativitas, harus adanya experience langsung dari siswa melalui aktivitas dan situasi yang relative natural.

Saluran filsafat konstruktivisme ini merupakan bagaimana melihat experience langsung siswa yang digunakan untuk  proses aktivitas belajar. Di dalam saluran filsafat ini, pengetahuan merupakan hasil bentukan atau kontruksi manusia. Manusia membangun pengetahuannya melalui kejadian, pengalaman, objek , atau lingkungan.

Pengetahuan ini tidak serta-merta dapat diberikan dari pengajar kepada siswa begitu aja, tapi haruslah diterapkan oleh para siswa tersebut. Pengetahuan ini bukan hal yang sudah jadi begitu saja, melainkan suatu proses yang harus dikembangkan secara terus-menerus. Siswa yang aktif sangat bisa dicapai dengan rasa ingin tahu para siswa karna dengan ini pengetahuan siswa aka nada perubahan.

Saluran filsafat humanisme ini merupakan bagaimana melihat siswa dari ciri khas masing-masing siswa, motiva apa yang dia punya, bahkan kekuatan para siswa.

Psikologi ini saling berkaitan dengan dasar psikis para siswa terhadap perubahan belajar siswa dan juga psikologi dalam belajar mereka. Psikologi diperlukan untk merubaha materi atau isi dari pembelajaran tematik yang diberikan kepada para siswa agar dapat meningkatkan kemampuan siswa sesuai dengan tingkatan perubahan para siswa yang ada.

Psikologi belajar dapat memberikan kunci bagaimana materi atau isi dari pembelajaran tematik ini bisa diberikan kepada siswa dan bagaimana para siswa dapat mempelajarinya. Melalui pembelajaran tematik ini diharapkan adanya perubahan sikap para siswa menjadi lebih dewasa baik secara psikis, fisik, sosial ataupun dari segi kepribadiannya .

Dasar yuridis mengenai berbagai peraturan dan ketentuan yang mampu memberikan support aplikasi pembelajaran tematik di sekolah landasan.  

Dalam UU No. 23 Tahun 2002  pasal 9 tentang Pelindungan Anak ; jika tiap anak memiliki hak mendapatkan pengajaran serta edukasi dalam rencana peningkatan pribadinya serta tingkat kepandaiannya sesuai ketertarikan serta talentanya .

Dalam UU No. 20 Tahun 2003 Bab V Pasal 1-b tentang Metode Pengajaran Nasional ; jika tiap peserta didik untuk tiap unit pengajaran memiliki hak memperoleh servis pengajaran sesuai talenta, ketertarikan, serta kekuatannya .

Sekian artikel landasan pembelajaran tematik, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi kita semua terutama bagi para orangtua, guru dan murid. Semoga dengan adanya artikel tentang pembelajaran temaik ini dapat mengubah dan membenahi sistem pendidikan yang ada di negara kita.

Cukup sekian sharing kunci jawaban tematik hari ini dan Terima kasih atas perhatiannya.

About the Author: Cipoh