Mobil Mewah Keluarga, Keamanan atau Gengsi?

Mobil keluarga atau multi-purpose vehicle (MPV) merupakan mobil penumpang terlaris di Indonesia. Mobil favorit pilihan keluarga di Tanah Air karena fungsionalitasnya tinggi, terutama mampu mengangkut 7 penumpang dengan konfigurasi tempat duduk beragam. Mobil MPV memiliki pangsa pasar sekitar 35 persen dari total pasar mobil nasional yang berkisar satu juta unit per tahun.

Tak sulit membeli mobil keluarga di Indonesia, karena seluruh merek mobil menawarkan mobil MPV di line up-nya. Modelnya juga semakin beragam dari segmen entri level hingga premium. Dari merek Eropa yang menawarkan gengsi, merek Jepang yang modern hingga merek China yang menawarkan value for money tinggi, seperti Wuling Cortez.

Wuling Cortez adalah medium multi-purpose vehicle (MPV) yang dirilis di Indonesia pada 2018. Hingga saat ini, mobil yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat, dipasarkan dalam 6 varian. Sehingga rentang harga jualnya pun sangat lebar, mulai Rp 219,8 juta hingga Rp 290 juta (on the road Jakarta).

Wuling Cortez pun memiliki banyak keunggulan dibandingkan pemain lawas. Salah satunya, dimensi yang lapang dengan panjang 4.780 milimeter (mm), lebar 1.816 mm, dan tinggi 1.755 mm serta wheelbase 2.750 mm.

Baris ketiga Cortez sama lega dan lapangnya dengan baris keduanya. Sehingga posisi duduk di jok baris ketiga ini sama nyamannya dengan baris kedua, karena head room dan leg room baik. Kelapangan kabin ini menjadi salah satu kekuatan Cortez, karena kapasitas penumpang masih menjadi concern utama keluarga Indonesia.

Selain keunggulan kabin lapang, mobil keluarga tertinggi di Wuling Indonesia ini juga memiliki sistem keamanan optimal. Selain fitur keamanan standar seperti empat airbags untuk penumpang depan dan samping, Wuling Cortez memiliki empat sensor parkir di depan dan belakang termasuk kamera parkir belakang.

Sistem pengeremannya juga lengkap dengan fitur terkini seperti Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Electronic Stability Control (ESC).

Segala fitur ini membuat mobil ini lebih mudah dikendalikan, sehingga memiliki tingkat keamanan lebih baik bagi pengendaranya. Potensi terhindari dari kecelakaan di jalan pun lebih baik.

Fitur safety Cortez makin optimal dengan fitur Hill Hold Control (HHC). Fitur ini membuat MPV ini tidak mundur saat berada tanjakan sehingga pengemudi tidak mudah capek karena harus sering injak pedal rem. Mirip-mirip HHC, ada fitur lain bernama Automatic Vehicle Holding (AVH). Fitur ini sangat membantu saat kondisi jalan macet atau stop and go.

Menariknya cara kerja fitur AVH ini juga mudah dioperasikan. Tombol fitur ini (A) terletak di bawah tombol Electric Parking Brake (EPB). Cukup tekan tombol A, maka mobil tidak akan bergerak. Untuk bisa berjalan kembali, cukup menginjak pedal gas, maka fitur ini akan off secara otomatis. Nyaman bukan.

Keunggulan lain Cortez, mobil keluarga ini didukung oleh vendor komponen otomotif global. Dengan konsep global support, sejumlah komponen utama MPV ini dipasok oleh vendor global. Vendor-vendor ini juga terkenal sebagai pemasok komponen kendaraan bermotor untuk merek-merek otomotif dunia.

Sebut saja Bosch asal Jerman memasok transmisi CVT dan fitur ESC, serta perusahaan teknologi Honeywell menjadi pemasok teknologi turbonya. Kemudian fitur EPS dipasok oleh Nexteer (Amerika Serikat) dan ECU dari Continental (Jerman). Dukungan para pemasok otomotif dunia tersebut membuat Wuling mampu memproduksi Cortez menjadi mobil andalan keluarga.

Selain keamanan, kenyamanan bagi penumpang juga menjadi prioritas pabrikan. Ini bisa dilihat dari kualitas dan material kabin. Seluruh jok dan lingkar kemudinya berdesain mewah dengan material kulit. Material soft touch juga memenuhi unsur kabin seperti door trim dan panel dashboard.

Layaknya mobil premium MPV, Cortez memiliki fitur captian seat yang memanjakan penumpang di baris kedua. Model kursi ini membuat penumpang bercengkrama lebih baik di kabin. Selain akses masuk-keluar penumpang di baris ketiga lebih mudah.

Kabin Cortez pun ibarat ruang keluarga di rumah yang hangat berkat fitur-fitur pendukungnya, seperti tombol pengatur AC belakang, USB charger di baris kedua dan ketiga, sistem hiburan plus navigasi dengan layar sentuh 8 inci, dan electric sunroof (khusus varian Cortez 1.8L Lux+ dan Cortez CT).

Sebagai mobil medium MPV, sejatinya kenyamanan Wuling Cortez laksana mobil premium MPV. Ini berkat fitur-fitur modern demi memanjakan pengendara dan penumpangnya. Seperti engine start/stop button (varian CT), auto AC, pengatur elektrik jok pengemudi, power window, suspensi belakang independen, USB power outlet di baris pertama, kontrol audio di setir, dan lain-lain.

Yang menarik pula, sistem hiburan layar sentuh 8 inci Cortez mendukung sistem navigasi sehingga sangat membantu saat menuju satu lokasi baru dalam perjalanan. Serta memiliki konektivitas Bluetooth, Aux, USB, iPod, dan mirrorlink.

Multi Information display (MID) juga tak kalah canggihnya dengan ukuran 7 inci. Selain menampilkan data-data penting perjalanan seperti jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar, ada pula fitur pengingat istirahat bagi pengemudi atau Fatigue Driving Warning. Bentuknya gambar cangkir kopi dengan tulisan ajakan untuk beristirahat.

Tak kalah kerennya, MID Cortez juga menampilkan tekanan angin pada empat rodanya. Kemudian posisi penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan posisi pintu yang terbuka. Sangat informatif bukan!

Selain memberikan keamanan dan kenyamanan tinggi bagi penumpang, Cortez juga menawarkan kemampuan daya angkut barang nan optimal.

Bagasinya berkapasitas 274 liter, plus lampu untuk memudahkan konsumen menaikkan atau menurunkan barang di tempat minim cahaya seperti parkir basement.

Namun, jika jok baris ketiga dilipat, kapasitas bagasinya bertambah menjadi 630 liter. Ini sangat fungsional saat Anda membawa barang banyak.

Kompartemen barang juga berlimpah, ada di mana-mana. Mulai dari console box di baris terdepan, kompartemen botol di baris kedua dan ketiga, tempat smartphone, hingga USB charger di seluruh baris kendaraan.

Dengan segala keunggulan di fitur keamanan dan kenyamanan tersebut, Wuling Cortez pantas dipertimbangkan sebagai mobil keluarga baru Anda di tahun 2020!

You May Also Like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *