Mudahnya Rapid Test Melalui Aplikasi Halodoc

Di tahun 2020 ini, dunia telah digemparkan oleh hadirnya wabah covid 19 atau yang mungkin sering kita sebut dengan nama corona. Corona virus merupakan salah satu penyakit yang sangat membahayakan, karena jalan penularannya sendiri sangatlah cepat. Terhitung hingga saat ini sudah ribuan jiwa yang menjadi korbannya.

Demi menekankan nilai korban corona virus atau covid 19 tersebut, Halodoc pun turut serta untuk memberikan pelayanan rapid test kepada masyarakat dengan cara bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di daerah Jabodetabek.

Mudahnya Rapid Test Melalui Aplikasi Halodoc

Mengingat proses rapid test sendiri tersebut pastinya dilaksanan dengan menggunakan sampel darah sebagai pengujian. Lantas bagaimanakah cara melakukan rapid test melalui Halodoc? berikut pemaparannya untuk anda semua.

Cara Rapid Test Melalui Halodoc

  1. Pertama, pastikan anda sudah mempunyai atau menginstall aplikasi Halodoc pada perangkat smartphone anda. Kemudian silahkan anda buka aplikasi tersebut dan silahkan anda klik menu “Covid 19 Test”, kemudian klik “Lokasi Rapid Test Drive”.
  2. Kedua, selanjutnya anda akan dapat memilih lokasi dan waktu untuk melakukan rapid test tersebut. Anda nantinya akan diminta upload foto data diri seperti KTP dan juga KK.
  3. Ketiga, setelah anda berhasil upload data diri, maka anda akan diarahkan pada tahapan selanjutnya, yakni pembayaran. Untuk biaya rapid test ini biasanya tergantung dari biaya jasa tenaga medis serta penyediaan alat yang telah disediakan oleh rumah sakit.
  4. Terakhir, untuk tahapan yang terakhir ini anda akan menerima sebuah SMS konfirmasi tentang jadwal tes dan detail pesanan melalui SMS tersebut. Selanjutnya SMS tersebut bisa anda tunjukkan kepada petugas pemeriksaan.

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan rapid test di Halodoc ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui.

  • Pertama, anda harus datang tepat pada waktunya sesuai jadwal yang telah anda dapatkan melalui SMS konfirmasi. Jika memungkinkan sebaiknya anda mengajak orang terdekat anda pada saat rapid test.
  • Kedua, jangan lupa anda selalu mengenakan masker selama dijalan serta di lokasi test.
  • Ketiga, jika anda sudah sampai pada lokasi test, anda akan diperiksa KTP serta KK dan juga SMS konfirmasi di POS 1. Untuk itu, sebaiknya terlebih dahulu anda mempersiapkan data-data tersebut ya, serta jangan lupa juga membawa ponsel yang telah anda gunakan untuk mendaftar diri.
  • Terakhir, untuk pengambilan sample darah akan dilakukan di POS 2.

Untuk hasil dari rapid test ini tidak bisa langsung keluar, maka anda akan mendapatkan hasilnya sehari setelah dilakukan test. Jika hasil sudah keluar, anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS atau aplikasi Halodoc.

Untuk mendapatkan hasil rapid test yang telah anda lakukan, pastikan anda sudah mengupdate aplikasi Halodoc anda dengan versi yang terbaru.

Apakah Yang Dilakukan Jika Hasil Test Positif?

Jika anda mendapati hasil repid test anda positif, maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc, dengan cara tersebut maka anda akan mengetahui seberapa keparahannya. Jika gejala anda tergolong ringan, maka anda bisa melakukan isolasi mandiri dirumah. Namun jika anda menunjukkan gejala yang berat, maka anda akan dirujuk pada rumah sakit khusus penangan Covid 19.

Mudahnya rapid test melalui aplikasi Halodoc ini anda sudah tidak perlu mengantri lagi untuk melakukan pendaftaran rapid test. Sebenarnya tidak semua orang perlu melakukan rapid test, namun jika anda merasakan gejala-gejala seperti covid 19 tidak ada salahnya jika anda melakukan rapid test tersebut.

 

You May Also Like

About the Author: Nie Na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *