Virus Corona Masuk Indonesia, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengkonfirmasi dua orang Warga Negara Indonesia terjangkit virus corona atau COVID-19. Saat ini, kedua pasien virus corona tengah diisolasi di RSPI Sulianti di Sunter, Jakarta Utara.

Menurut Jokowi, kedua orang tersebut merupakan seorang ibu (64) dan anaknya (31) yang tinggal di Depok, Jawa Barat . Mereka tertular virus corona oleh warga negara Jepang yang terinfeksi.

“Ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia, kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Cek tim kita ternyata posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” jelas Jokowi di Istana, Senin (2/3/2020).

Gejala virus corona dan penyebabnya:

  1. Gejala

Virus corona di Indonesia tentu membuat masyarakat khawatir dan waspada terhadap segala gejala yang timbul. Adapun, gejala virus corona yang harus diwaspadai adalah demam, batuk, dan sesak napas.

Namun pada kasus yang lebih parah, gejala virus corona akan menyebabkan pneumonia atau infeksi pada paru-paru, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.

Dikutip dari laman resmi CDC, gejala virus corona akan muncul dalam waktu 2 hingga 14 hari. Maka dari itu, pasien dengan gejala virus corona di atas diimbau segera memeriksakan diri ke dokter.

  1. Penyebab

Awal mulanya, virus corona berasal dari kota Wuhan di China dan merupakan tipe zoonosis atau bisa ditularkan dari hewan ke manusia. Virus corona ini juga bagian dari MERS-CoV dan SARS-CoV.

Virus corona disebabkan oleh coronavirus yang biasa menginfeksi sistem pernapasan. Penyebaran virus corona dapat melalui berbagai cara, seperti percikan ludah atau bersin dari penderita virus corona.

Kemudian, memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Padahal, sebelumnya telah menyentuh benda yang terkena air liur penderita virus corona.

Atau, virus corona dapat ditularkan karena melakukan kontak dekat dengan sang penderita, misalnya berjabat tangan.

  1. Pencegahan

Untuk mencegah virus corona, pengguna bisa melakukan hidup bersih dan sehat. Misalnya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan tidak sering memegang wajah.

Jangan lupa juga gunakan masker untuk menghindari percikan air liur atau bersin penderita. Tutup mulut saat bersin dan batuk sehingga tidak menyebarkan penyakit ke orang lain.

Terakhir, untuk mencegah virus corona dengan melakukan istirahat cukup dan makan makanan bergizi. Dengan begitu, imunitas tubuh akan tetap prima melawan virus corona.

You May Also Like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *