3 Hal Penting yang Wajib Dipahami Soal WiFi Portable

Penggunaan perangkat WiFi portable sekarang ini sudah masuk dalam pilihan sebagian orang agar dapat tetap terhubung dengan internet. Koneksi yang diberikan, serta beberapa kelebihan yang akan didapatkan si pengguna perangkat portable ini menjadi alasan utamanya. Seperti dipahami bersama, bahwa keterhubungan dengan jaringan internet semacam sudah menjadi keharusan di tengah era modern sekarang ini.

Sebenarnya pilihan untuk tetap terhubung dengan internet tidak hanya menggunakan modem WiFi portable saja. Banyak provider yang juga menyediakan paket ekonomis untuk menjamin Anda tetap terkoneksi dengan jaringan. Ada pula banyak koneksi nirkabel yang bisa digunakan ketika Anda berada di tempat umum. Namun nyatanya, masih ada saja yang memilih perangkat satu ini untuk tetap terhubung dengan internet.

Pengertian WiFi Portable

Sebelum mengetahui lebih jauh kelebihan yang menyebabkan perangkat ini dipilih, ada baiknya kita sedikit mundur untuk menilik definisi dari perangkat ini. Modem WiFi portable dapat dipahami sebagai satu perangkat yang memancarkan sambungan internet tanpa harus menggunakan kabel. Jadi perangkat ini dapat bekerja mandiri dalam memancarkan sambungan internet, sehingga dapat dihubungkan dengan perangkat lainnya.

Melihat definisinya yang demikian, fungsi utama dari perangkat ini adalah sebagai media perantara jaringan internet yang disediakan oleh penyedia jasa layanan internet dengan perangkat yang digunakan pengguna, seperti smartphone atau laptop yang Anda miliki. Terdapat batasan jumlah pengguna maksimal yang dapat mengakses internet melalui perangkat ini, dan jika melebihi batas tersebut maka kecepatan jaringan akan menurun.

Fungsi lain adalah mode WiFi portable ini dapat berfungsi sebagaimana ponsel, untuk menerima dan mengirim pesan singkat. Fungsi ini bisa dijalankan dengan menghubungkannya dengan perangkat komputer atau laptop, sehingga dapat ditampilkan mode pesan yang disediakan.

Lalu Apa Kelebihannya?

Nah, kita sampai pada poin utama dalam artikel ini, yakni kelebihan dari perangkat WiFi portable sehingga ia masih digunakan hingga saat ini dan menjadi jembatan penghubung utama antara Anda sebagai pengguna dengan jaringan internet yang tersedia.

Ringkas, Praktis, dan Mungil

Jika dibandingkan dengan perangkat router tentu ukurannya jauh lebih kecil. Perangkat WiFi portable yang biasa digunakan memiliki dimensi yang cukup ringkas sehingga mudah dibawa kemanapun Anda bepergian. Biasanya perangkat ini tinggal dimasukkan saja ke dalam tas, dan sinyalnya bisa digunakan untuk terhubung dengan perangkat lain yang Anda miliki.

Memiliki Baterai Sehingga Tidak Repot

Modem WiFi yang kini beredar di pasaran biasanya dilengkapi dengan baterai yang sudah tertanam di dalamnya. Hal ini memungkinkan Anda bisa bepergian tanpa perlu repot membawa kabel charger untuk modem tersebut. Karena penggunaannya sangat efektif, baterai dari modem bisa bertahan hingga beberapa jam pada kondisi aktif dan digunakan.

Membantu Menghemat Daya Smartphone

Ketika perangkat smartphone Anda terhubung dengan koneksi yang ada pada modem WiFi portable, maka otomatis baterai smartphone Anda akan sedikit hemat. Mengapa? Karena smartphone yang Anda gunakan tidak ‘berusaha’ mencari sinyal dari provider (yang terkadang timbul tenggelam) dan mendapatkan ‘suplai’ sinyal yang stabil dari modem yang Anda bawa.

Proses ‘pencarian’ sinyal yang paling baik, dalam hal ini sinyal 4G atau di atasnya, menyedot daya baterai yang cukup besar. Terlebih jika sinyal yang dapat ditangkap tidak stabil dan terus menerus berubah, baterai smartphone Anda akan semakin cepat habis dayanya. Hal ini belum terhitung jika smartphone juga Anda gunakan untuk berbagi koneksi dengan tethering, yang akan semakin membuat penggunaan daya makin boros.

Jika Dibandingkan dengan Modem Rumahan, Mana yang Lebih Unggul?

Jika muncul pertanyaan demikian, mungkin jawabannya akan sangat normatif, yakni lebih unggul modem rumahan. Hal ini dikarenakan posisi modem rumahan yang tidak berpindah-pindah sehingga koneksi yang dipancarkan akan lebih stabil. Posisi yang tetap akan membuat penerimaan sinyal juga lebih stabil, sehingga ketika digunakan juga akan memberikan kualitas layanan yang baik.

Tentu saja ini tidak menutup kelebihan dari modem WiFi portable yang bisa secara fleksibel dibawa kemanapun Anda pergi. Maka dari itu, soal mana yang lebih unggul tinggal dikembalikan lagi pada kebutuhan Anda, jika perlu terus berpindah, Anda bisa memilih modem portable, jika Anda berada di rumah, maksimalkan dengan modem rumahan yang berkualitas.

Modem rumahan yang selalu dapat diandalkan, salah satunya adalah Biznet. Layanan internet rumahan yang diberikan Biznet telah dapat mencakup berbagai pulau di Indonesia dengan kualitas jaringan yang sangat optimal. Biznet juga dilengkapi dengan paket internet murah yang sangat affordable untuk berbagai kalangan, sehingga menjamin setiap orang mendapatkan akses jaringan internet yang terbaik. Meski demikian, tak ada salahnya pula memiliki salah satu perangkat WiFi portable jika kebetulan Anda perlu untuk bepergian. Semakin banyak perangkat yang menjamin keterhubungan Anda dengan jaringan internet, semakin baik pula bukan?

You May Also Like

About the Author: Fatih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *