Manfaat Permainan Halang Rintang untuk Anak

Permainan halang rintang merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok. Tentunya permainan ini mampu mengasah otak anak dalam hal keterampilan sosial anak tersebut.

Permainan halang rintang bisa dilakukan oleh siapa saja karena memang ini merupakan permainan yang terbilang sangat mudah. Permainan ini bisa dilakukan didalam ruangan dan juga diluar ruangan.

Jika Anda ingin melakukan permainan halang rintang didalam ruangan, Anda harus mempersiapkan  beberapa peralatan seperti meja kecil dan juga kursi kecil. Anda bisa menyusun kursi dengan posisi yang lurus. Kemudian minta anak-anak untuk melewatinya.

Nah anak-anak tersebut akan melewati kursi-kursi yang sudah ditata dnegan lurus secara zigzag dan juga menuruninya.

Sedangkan jika Anda ingin melakukan permainan diluar ruangan, Anda bisa memakai batu yang berjumlah dua. Anda bisa menata papan kayu diatas batu tersebut. Kemudian, minta anak-anak meniti papan tersebut.

Namun jika Anda tidak memiliki ruangan yang luas didalam maupun diluar untuk melakukan permainan ini, Anda bisa mengajak anak-anak bermain di taman. Anda bisa membuat halang rintang dengan menggunakan dedaunan atau ranting serta bangku yang ada di taman tersebut.

Permainan haling rintang ini akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama. Nah berikut ini beberapa Manfaat Permainan Halang Rintang untuk Anak yang bisa And aketahui:

Manfaat Permainan Halang Rintang untuk Anak

  1. Menjalin Persahabatan

Manfaat yang pertama yaitu mampu menjalin persahabatan. Dengan permainan ini, tentunya akan emmbuat anak-anak sennag dan mampu menjalin persahabatan yang lebih akrab satu sama salin.

  1. Melatih Kemampuan Mengatasi Masalah

Manfaat yang kedua yaitu melatih kemampuan untuk mengatasi masalah. Nah pada saat bermain halang rintang, tentunya anak-anak akan selalu memikirkan untuk mencapai garis finish dengan cara yang cepat.

  1. Menumbuhkan Empati

Manfaat yang ketiga yaitu mampu menumbuhkan empati serta mampu mengikis ego masing-masing. Selain untuk mencapai garis finish dnegan cepat, Anda sebagai ibu bisa mengarahkan anak agar bukan hanya melewati rintangan untuk menuju garis finish, melainkan juga mmapu menolong satu sama lain.

  1. Menumbuhkan Kedekatan Antara Ibu Dan Anak

Manfaat yang keempat yaitu mampu menumbuhkan kedekatan antara ibu dan anak. Aktifitas permainan haling rintang ini juga melatih ekkompakan antara ibu dan anak , oleh sebab itu mampu menumbuhkan kedekatan antara keduanya.

  1. Agar Anak Lebih Kreatif

Manfaat yang kelima yaitu mampu mendorong anak agar lebih kreatif. Nah Anda bisa melibatkan anak untuk memilih beberapa perlatan yang digunakan untuk permainan halang rintang.

Dengan demikian anak akan mencari dan membawa peralatan tersebut dan menjadikan anak lebih kreatif.

  1. Agar Anak Lebih Aktif

Manfaat yang keenam yaitu membuat anak akan lebih aktif.  Dengan melakukan permainan halang rintang ini, tentunya anak-anak akan lebih aktif  karena melakukan beberapa  aktifitas seperti melompat, berlari dan juga memanjat.

Permainan halang rintang ini termasuk permainan yang cerdas dan mampu meningkatkan pengendalian nafas serta mengasah kemampuan sosial si anak tersebut.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Permainan Halang Rintang untuk Anak yang bisa Anda ketahui.

 

You May Also Like

About the Author: Nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *